5 Tips memperpanjang umur baterai Handphone

CARA MERAWAT BATERAI HANDPHONE – Bagaimana merawat dan menjaga baterai iPhone Anda supaya lebih awet. Urusan baterai kadang menjadi sebuah masalah yang menjengkelken. Baik itu batre pada Smartphone ataupun Tablet. Baterai yang digunakan adalah baterai Lithium, terlepas dari model Handphone yang anda gunakan. Jenis baterai akan memberitahu kita karakteristik tertentu yang akan membantu kita untuk lebih memahami bagaimana untuk menjadikan baterai handphone lebih tahan lama.
Perlu diketahui bahwa umur baterai dalam Handphone dll sebenarnya memiliki batas usia pemakaian, seperti pada aki motor dan lampu pijar atau yang lebih rinci mengenai masa aktifnya adalah pada LCD proyektor, mereka memiliki umur jam yang ditentukan. Pada baterai ada umur penggunaan dan siklus kemampuan dalam pengisian yang tidak bisa bertahan untuk selamanya, ada batasan lama yang diberikan pada produsen dalam penggunaannya.
Gambar baterai

TIPS MEMBUAT BATERAI LEBIH AWET

Bagaimana membuat Baterai pada Hand Phone menjadi lebih awet dalam hal umur. Berikut tips untuk merawat baterai menjadi lebih awet :

1. Hindari penggunaan baterai sampai habis

Penggunaan sampai habis maksudnya adalah sampai HP mati, minimal sisakan 10% dari daya baterai dan lakukan isi ulang, jika keseringan menggunakan sampai habis maka baterai akan mengalami kerusakan ireversibel dan menjadikannya lemah karena komponen didalamnya menjadi aus.  

2. Hindari pengisian secara berlebihan

Maksudnya adalah jika baterai sudah penuh saat di charge maka cepat dicabut supaya tidak merusak kamponen baterai dan HP. Walaupun dalam HP sudah terdapat teknologi untuk menghentikan daya pada charger saat HP di charge, namun kadang penghentian otomatis dalam HP tidak berfungsi secara optimal, ini dapat menyebabkan baterai melembung/membengkak tidak cuma itu jika fungsi penghentian charge tidak jalan maka IC dalam HP bisa menjadi aus karena konflik daya yang berlebihan.

3. Jauhkan Handphone dari suhu yang Panas

Baterai Lithium-ion tidak bisa tahan dengan panas, suhu mempengaruhi dan mengurangi umur baterai, suhu yang tinggi dapat menjadikan baterai menjadi lemah. Dalam suhu yang tinggi antara 30 derajat Celcius atau lebih tinggi dapat merusak komponen dalam baterai, sehingga bisa menurunkan kapasitas baterai Anda. Saat kapasitas menurun maka Anda akan sering mengisi ulang dan akhirnya Baterai menjadi Ngedrop bahasa umumnya. Panas juga dipengaruhi dari lamanya penggunaan, kadang kita memakai HP kita secara berlebihan dan tidak terlalu memperhatikan suhu pada HP. Selain berpengaruh terhadap keawetan baterai panas juga mempengaruhi HP, terutama pada layar dan IC. Jadi hindari penggunaan secara berlebihan.

4 . Melepaskan casing saat pengisian

Kebanyakan dari casing menyebabkan baterai menjadi panas di tengah pengisian. Hal ini dimanfaatkan supaya dalam pengisian baterai tidak menjadikan panas yang berlebih. Namun ini hanya berlaku pada beberapa merk HP tertentu. Walau cara ini ribet, namun Anda perlu memperhatikan hal ini jika HP anda saat di isi menjadi panas.

5. Pengisian berulang-ulang

Banyak orang memiliki keyakinan yang salah bahwa sering melakukan pengisian baterai bahkan jika itu belum sepenuhnya habis akan memperpendek umur baterai, ini tidak berlaku pada baterai berbasis Lithium. Namun menghindari pengisian berulang-ulang, saat baterai belum-benar benar penuh dan mengupayakan untuk menunggu sampai benar-bener penuh saat pengisian adalah hal yang lebih baik daripada harus mengisi berulang-ulang. Hal ini untuk menghindari pada point 1.

Walau harga baterai tidak terlalu mahal, namun ini bisa dimanfaatkan untuk mengurani biaya penggunaan dan menghemat uang Anda. Demikian 5 Tips menjaga baterai supaya lebih panjang umur. Semoga bermanfaat.