Air urine bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai pada ponsel

Ilmuwan Laboratorium Robotika Bristol menemukan cara untuk mengubah urine menjadi listrik yang ternyata menarik perhatian dari “The Bill and Melinda Gates Foundation” untuk berinvestasi dalam mengembangkan temuan ini. Urine manusia diubah menjadi listrik yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai pada smartphone. The Bill and Melinda Gates Foundation melakukan sebuah misi untuk meningkatkan sanitasi manusia, terutama di daerah yang tidak memiliki pasokan air yang cukup, bahkan menantang para ilmuan untuk menemukan cara dalam mengubah kotoran manusia menjadi sesuatu yang berguna.

Teknologi yang ditemukan oleh Ilmuan dari Robotika Bristol yang dapat mengubah urine menjadi listrik bernama  “Urine-tricity: electricity from urine”. The Bill and Melinda Gates Foundation mendanai pada topik “Create the Next Generation of Sanitation Technologies” adalah Sanitasi Technologies untuk Generasi Berikutnya Sebagai bagian dari Tantangan Skema Eksplorasi Agung (Putaran 7) Intelligent Bio Energy Group. Listrik dari urine (air kencing) menggunakan/memanfaatkan Microbial Fuel Cells (MFCs) untuk mengubah urine untuk menghasilkan arus listrik dan dapat digunakan untuk ponsel.

listrik dari urine
Dengan Memanfaatkan Sel Bahan Bakar Mikroba (PMF) khusus dengan mikroba alami yang terletak di dalam ruang anoda dari sel bahan bakar sebagai bio – katalis. Mikroba urine akan menghasilkan elektron dan ketika terhubung ke katoda yang memungkinkan untuk menjalankan elektron dan menghasilkan arus. Selain lewat dari elektron dan proton melalui membran ion yang memisahkan anoda dan katoda ruang MFC juga dapat bereaksi dengan udara untuk menghasilkan air bersih.
Sumber : https://www.brl.ac.uk/researchthemes/bioenergyselfsustainable/urine-tricity.aspx