Benda di luar Angkasa yang mengorbit bumi berpotensi menabrak bumi tanpa diketahui

sampah luar angkasa

Benda di luar Angkasa yang mengorbit bumi berpotensi menabrak bumi tanpa diketahui | Ribuan bahkan jutaan benda di luar Angkasa yang berpotensi masuk ke orbit bumi dan membahayakan keberlangsungan kehidupan di bumi. Menurut NASA sekitar 370.000 benda yang dianggap sampah antariksa mengorbit bumi. Benda luar angkasa tersebut berkecepatan hingga 35.000 kilometer per jam, bayangkan dengan kecepatan seperti itu apa yang akan terjadi jika menghantam bumi.
Ada sekitar 370.000 benda luar angkasa yang mengorbit bumi, namun hanya sekitar 22.000 benda yang dimonitor dari bumi, ini berarti 348.000 benda luar angkasa tidak diidentifikasi dan dimonitor dari bumi. Benda luar angkasa yang menjadi sampah tersebut sebagian adalah puing-puing peralatan yang diluncurkan dari bumi ke luar angkasa sejak 1954. Puing-puing yang sangat banyak tersebut juga mengganggu setiap penerbangan ke luar angkasa yang memungkinkan pesawat yang diluncurkan dari bumi ke luar angkasa utuk bersentuhan bahkan bertabrakan dengan salah satu benda yang berada di orbit bumi tersebut.
Menurut ESA yang menyatakan bahwa sekitar 100-150 ton benda diluncurkan ke luar angkasa oleh manusia sekarang kembali lagi ke atmosfir bumi, sisa satelit yang kembali ke bumi berpotensi mengancam kehidupan manusia di bumi, dimana dari ribuan benda yang mengorbit ke bumi hanya sekitar 6% yang dimonitor keberadaannya.