Siapa yang mengedit lebih dari 3 Juta artikel di Wikipedia

editor wikipedia

Wikipedia sangat terkenal dan sangat membantu dalam menemukan berbagai macam informasi, banyak orang di belahan dunia ini memanfaatkan Wikipedia sebagai sumber informasi. Namun dari mana dan bagaimana Wikipedia bekerja dan memperoleh artikel yang mencapai 10 juta artikel lebih dengan berbagai bahasa?. Ternyata artikel tersebut dibuat dengan menggunakan software, walau masih memerlukan bantuan dari otak manusia. Adalah Sverker Johansson yang merupakan salah satu editor paling produktif di Wikipedia yang mengedit artikel di Wikipedia secara online yang juga merupakan Guru IPA di Swedia.
editor wikipedia
Sverker Johansson menggunakan Svenker Johansson’s software yang membuat sofeware Lsjbot yang yang dijadikan sebagai editor otomatis di Wikipedia, sofeware ini membantu dalam membuat dan mengedit artikel versi berbahasa Swedia hingga mencapai 1 juta artikel.Setidaknya Lsjbot telah menciptakan 3 juta artikel dalam beberapa versi pada situs Wikipedia.
Tugas utama dari Lsjbot menurut Johansson adalah untuk menciptakan artikel tentang semua spesies tanaman, hewan, software ini ditugaskan setidaknya mengedit  sepuluh juta suntingan terkait. Selain memanfaatkan otak manusia untuk mengedit jutaan artikel, situs Wikipedia memanfaatkan bot software untuk mengedit suatu artikel.
Pada awalnya Wikipedia sekitar tahun 2007 mengedit Wikipedia secara manual, dan pada tahun 2011 menurut Johansson Wikipedia mulai menggunakan bot untuk mengedit jutaan artikel tersebut. Memang tidak mungkin tanpa ada campur tangan manusia, dikarenakan bota da keterbatasannya terkait kreatifitas dan pemahaman bahasa maka tetap diperlukan pikiran manusia untuk menyempurnakannya. Selain itu tugas software ini juga untuk memperbaiki “vandalisme” atau asal coret karena setiap orang dapat menyunting artikel pada situs Wikipedia.
Erik Moller, wakil direktur Wikimedia Foundation turut serta dalam mengawasi situs, ia mengatakan Ada kebijakan yang komprehensif yang mengatur penggunaan bot. Jadi bot ini melalui proses persetujuan dahulu, penentuan persetujuan dari pengelolaan artikel ditentukan oleh otak manusia, dimana apakah tugas mereka lakukan berguna atau tidak. Setidaknya Wikipedia tubuh berkembang menjadi salah satu situs terbesar di dunia dengan tidak memperoleh pemasukan sama sekali dari pengiklan, namun mereka menggali dana dari para donatur yang merasakan manfaat dari ensiklopedi web ini.