Tips membeli laptop yang harus diperhatikan

Tips membeli laptop

Membeli laptop / notebook yang pertama kali harus diperhatikan adalah mengenai kegunaannya, saat memilih laptop kita dihadapkan dengan tantangan “laptop bagaimana dan merk apa yang harus di beli”, untuk itu perlu analisa yang tepat supaya diperoleh Laptop / Notebook sesuai dengan yang kita harapkan. Banyak penawaran dari mulai harga yang kompetitif, fitur (model), spesifikasi, dan ukuran, untuk itu diperlukan pemahaman mengenai hal tersebut, sehingga diperlukan informasi untuk mencari tahu kebutuhan apa Laptop / notebook itu dibeli, baik itu laptop baru, bekas (second), untuk gaming, sehingga diperoleh Laptop yang bagus dan murah tentunya.

Tips membeli laptop

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memilih laptop, sehingga diperoleh kepuasan dan tidak menyesal sesudahnya. Jika Anda membeli laptop baru akan lebih mudah menentukan kualitas dibandingkan dengan membeli laptop bekas, membeli laptop bekas diperlukan ketelitian dan pemahaman mengenai kualitas dari suatu barang.

Berikut tips membeli laptop yang bagus

Kadang seseorang kebingungan saat memilih suatu barang, apalagi kalau barang yang di inginkan tipe dan spesifikasinya sangat beragam, namun dengan mempelajari hal-hal di bawah ini diharapkan bisa memberikan gambaran yang tepat saat memilih laptop / notebok sehingga menghindari kekecewaan saat barang sudah dibeli dan dicoba dalam beberapa waktu ternyata pembeli baru tahu kelemahan-kelemahanya; berikut tips-tipsnya :

A. Tips Mengetahui kebutuhan Laptop

Saat memilih laptop perhatikan kegunaanya, jika tujuan utama digunakan untuk menulis, dan mengedit teks, memanipulasi spreadsheet dan membuat presentasi (powerpoint/lectora, dll) biasanya digunakan oleh para eksekutif yang suka bepergian, Mahasiswa, Guru (Pendidik) dll, maka yang utama diperhatikan adalah kualitas keyboard yang baik, design yang tahan lama (kalau ini berhubungan dengan merk) serta ukuran layar dan resolusi yang tepat.
Jika Anda membeli laptop tujuannya adalah untuk mengedit video, foto atau membuat ilustrasi yang biasa digunakan oleh Creative Profesional maka Anda memerlukan prosesor yang kuat, VGA untuk grafis yang memadai, Solid State Drive (SSD) yang besar (membuat waktu start-up lebih cepat, akses data yang lebih baik, tidak menimbulkan suara bising (noise), Kebal terhadap getaran, guncangan,  serta temperatur yang tinggi, dan tentunya data Anda lebih Aman dibandingkan Hard-disk Konvensional), tampilan layar dengan resolusi yang tinggi (full HD atau lebih tinggi).
Jika kebutuhan Anda untuk Gaming terutama untuk game-game besar / high-end game, maka Anda harus memilih setidaknya yang high-end prosesor pula, VGA untuk grafis yang memadai, RAM yang memadai (sesuai dengan kebutuhan min 4 GB), layar dengan resolusi tinggi, speaker yang bagus.
Tapi jika Anda membeli laptop hanya untuk kebutuhan biasa saja, atau sebagai tambahan selain menggunakan PC sebagai alat utama, Anda cukup membeli laptop yang biasa atau cukup dengan membeli netbook saja, laptop yang murah (semisal VGA dari Intel saja setidaknya intel HD Graphics 4000, RAM cukup 2 GB, prosesor Core i3 / Celeron sudah lebih dari memadai) namun tetap memperhatikan kualitas.

B. Tips Memilih Ukuran Laptop yang Tepat

Laptop biasanya dikategorikan pada ukuran layar, pada ukuran layar 7-12 inchi sering disebut dengan netbook, sedangkan notebook berkisar pada ukuran 13-18 inchi, walau sekarang produsen sering menggunakan istilah Laptop dan notebook pada ukuran ini, ukuran yang biasa dipakai adalah 15 inci, diatas 18 inchi yang disebut dengan Laptop walau menurut saya terlalu besar untuk dibawa bepergian.
Jika Anda memilih untuk membeli netbook dengan ukuran 7-12 inchi mungkin perlu diperhatikan kenyamanan Anda, karena ukuran ini menurut saya terlalu kecil pada layar dan keyboard sehingga tidak cocok jika digunakan terlalu lama, walau jika digunakan secara rutin, nantinya akan terbiasa dengan ukuran ini. Kelebihannya adalah dalam hal berat dan ketebalan, biasanya memiliki berat kurang dari 1,3 Kg, banyak versi Chromebooks yang menawarkan laptop dengan ukuran ini.
Ukuran laptop yang biasa dipakai adalah ukuran 15 inci, ukuran 15 Inchi merupakan ukuran paling popular karena ukuran ini berada di tengah-tengah dan cukup nyaman saat digunakan. Jika Anda suka dengan ukuran yang besar, semisal untuk bermain game maka ukuran 17 inchi atau di atasnya bisa menjadi pilihan, karena dengan ukuran yang besar bermain game bahkan high-end games menjadi lebih menyenangkan dan tampilan 3Dnya bisa Nampak lebih hidup, namun masalahnya pada berat laptop ini jika ingin dibawa kemana mana setidaknya pada ukuran 17 inchi memiliki berat 7 pound (3.1 Kg).
Selain ukuran layar, ada juga pilihan layar Touch Screen (layar sentuh), jika Anda ingin membeli Laptop dengan layar Touch Screen maka laptop Anda setidaknya tipe hybrid sehingga fungsi Touch Screen bisa digunakan secara maksimal, jika laptop versi konvensional maka lebih baik memilih tanpa layar sentuh, karena fungsi Touch Screen tidak akan begitu berguna.

C. Mengetahui spesifikasi yang tepat dalam memilih laptop

Penting untuk mempelajari dan mengetahui spesifikasi laptop, jika anda membeli laptop baru mungkin sudah tertera spesifikasinya secara lengkap, namun jika membeli laptop bekas maka Anda harus mengecek kebenaran dari spesifikasi di dalamnya.
Cara mengecek spesifikasi laptop / PC sangat mudah, ini dikhusukan untuk laptop/notebook yang sudah terinstalasi OSnya. Cara mengecek spesifikasi laptop untuk windows xp yaitu pada tombol start menu cari “Run” lalu pada isikan pada Run tersebut “dxdiag” (tanpa tanda petik) lalu tekan oke / enter. Cara lain bisa menggunakan tombol kombinasi (Windows+R) untuk mempermudah pencarian terutama di Windows 8, lalu ketik dxdiag lalu tekan oke/enter, lalu akan menuju ke DirectX Diagnostic Tool yang menunjukkan diagnosa spesifikasi PC / Laptop tersebut.
DirectX-Diagnostic-Tool
Atau bisa juga dengan klik properties pada my computer di explorer namun cara yang terakhir ini tidak menunjukkan spesifikasi secara lengkap.

SPESIFIKASI APA SAJA YANG PERLU DAN PENTING DIKETAHUI; Secara sederhana Spesifikasi laptop sama dengan PC, berikut Tips membeli laptop:

  1. CPU (Central Processing Unit) biasa disebut Prosesor
  2. Memori (biasa disebut RAM)
  3. Hard Drive (hard disk)
  4. Chip Grafis (VGA/ integrated graphic chip) / Graphical Processing Unit (GPU)
  5. Baterai
  6. Keyboard dan Touchpad
Jika untuk keperluan biasa untuk spesifikasi tidak segitu rumit dibandingkan dengan keperluan seperti untuk Game terutama 3D (high-end game) dan untuk editing Video HD. Untuk keperluan game dan edit video hal yang perlu diperhatikan adalah tipe Prosesor (piliihan bisa i5 atau setara dan tipe di atasnya), RAM minimal (4 GB), VGA harus ada minimal menggunakan (NVIDIA Geforce 610M 64-Bit) dan daya tahan baterai.

Tips membeli laptop

1. CPU

Secara umum CPU yang beredar di pasaran sekarang adalah dari Intel Pentium / Celeron dan AMD, untuk Seri Intel Core ada Prosesor Intel core i3, i5 dan i7, dan yang tertinggi saat ini adalah Core i7, dan jika Anda membeli product dari intel pastikan yang sudah menggunakan Core generasi ke-4 atau sering disebut “Haswell”, sedangkan AMD seri tertinggi saat ini adalah AMD E Series. Setidaknya pilih CPU chip quad-core serta yang mampu meningkatkan kecepatan clock secara dinamis.

2. RAM

Pilih RAM setidaknya 2 GB atau lebih, bayak laptop yang beredar sekarang sudah menggunakan RAM 4 GB, setidaknya pilih yang bisa di upgrade kapasitas RAMnya, setidaknya dengan RAM yang besar mampu membantu dalam mempercepat kinerja pada aplikasi high-end serta jika digunakan untuk membuka banyak aplikasi atau sering disebut (multitasking).

3. Hard Disk

Menggunaka hard disk konvensional atau SSD adalah sebuah pilihan, namun jika Anda suka kecepatan dan keamanan data maka gunakan yang tipe SSD, walau harganya lebih mahal dibandingkan dengan Hard Drive.

Jika memilih Hard Drive konvensional setidaknya untuk memilih kecepatan Hard Disk 5,400 rpm, namun disarankan yang mempunyai kecepatan 7200-rpm. Masalah kapasitas itu pilihan, tapi setidaknya pilih kapasitas minimal 500GB / 1 TB.

4. Chip Grafis (VGA/ Video Graphics Array)

Pemilihan VGA yang tepat sesuai dengan keperluan, biasanya versi standard sudah terdapat VGA bawaan seperti intel HD Graphics. Jika keperluannya penggunaan laptop untuk hal-hal biasa saja maka cukup pilih yang menggunakan 1 VGA, namun untuk kinerja yang lebih tinggi, pilih yang menggunakan dua VGA yaitu yang mengunakan versi standartnya ditambah VGA dari AMD Radeon/Nvidia/Geforce, hal ini untuk mendukung dalam kinerja pada game 3D dan editing Video.

Untuk VGA dari intel yang biasa digunakan adalah chip Intel HD 4000 pada prosesor Ivy Bridge yang mendukung DirectX 11, namun masih kurang kinerjanya jika digunakan untuk bermain Game, Saat ini terdengar kabar adanya Chip Grafis Haswell dari Intel yang disematkan pada prosesor Intel Core generasi ke empat, yaitu Intel HD 4400, Intel HD 5000, dan Intel HD 5100 yang sudah mendukung DirectX 11.1, OpenCL 1.2 dan OpenGL 4.0, sedangkan untuk VGA AMD yang mempunyai kinerja yang tinggi adalah Chipset AMD 780C. Semakin banyak/besar piksel semakin tajam tampilan layarnya, sehingga nyaman untuk digunakan untuk menonton video dan main game.

5. Baterai

Daya tahan baterai sangat penting karena dengan daya tahan baterai yang lebih lama akan lebih nyaman dan tidak terlalu bergantung pada stop kontak, biasanya semakin besar layaranya semakin boros baterainya, setidaknya memilih yang mempunyai daya tahan baterai dari 6-8 jam, saat ini sudah terdapat laptop yang mampu bertahan selama 10 sampai 20 jam. Jadi perlu diperhatikan daya dari bateri tersebut menggunakan berapa cell apakah menggunakan 4, 6 dan 8 cell, semakin banyak cellnya semakin baik daya tahannya.

 

6. Keyboard dan Touchpad

Kualitas Keyboard dan Touchpad juga sangat penting, untuk masalah keyboard memilihnya berdasarkan kenyamanan dari penggunaya, setiap orang memiliki sensitifitas yang berbeda-beda, maka tentukan sendiri bagaimana keyboard yang Anda inginkan, setidaknya ada produk dari Apple, Toshiba, dan Lenovo yang menawarkan keyboard yang baik. Sedangkan untuk Touchpad bisa dicoba dengan menguji kualitas kinerja untuk gerakan multitouch.

 

7. Memperhatikan Jumlah dan tipe port

 

Memperhatikan jumlah dan tipe port pada laptop juga tidak kalah penting, semisal ada berapa jumlah port USB, saya sarankan setidaknya 3 ke atas dengan jarak atar port agak berjauhan, menggunakan USB 3.0 bukan hanya USB 2.0, karena kecepatan transfer USB 3.0 memiliki  kecepatan transfer data antara 0.4Gbps (400 MBps) sampai 10x super speed 5Gbps, sedangkan USB 2.0 hanya memiliki kecepatan 480Mbps.

 

Berikut cara mudah membedakan USB 2.0 dan USB 3.0:

Perbedaan-usb-2.0-dengan-usb-3.0

Perbedaan yang paling mendasar ada pada warna di dalam port, secara umum USB 2.0 warna di dalam port berwarana hitam dan USB 3.0 berwarna biru muda.

Selanjutnya cek keberadaan port apakah menggunakan VGA port saja atau HDMI saja atau menggunakan keduanya (pada ASUS Vivobook S200E menggunakan VGA port dan HDMI). Kalau anda seorang penyaji atau seorang guru (pengajar) hal tersebut sangat penting karena tidak semua tempat seperti di sekolah atau gedung yang sudah dipasang LCD Proyektor menyediakan kabel HDMI, yang biasa digunakan / hanya disediakan adalah kabel VGA.

 

Berikut perbedaan VGA port dan port HDMI (High Definition Multimedia Interface)

perbedaan VGA port dan port HDMI

 

C. Memilih laptop tipe Hybrid atau Laptop Tradisional

Yang dimaksud laptop hybrid adalah lapto yang berfungsi ganda bisa digunakan sebagai tablet dan laptop. laptop tipe Hybrid seperti layar yang bisa diputar 360 derajat, atau layar yang bisa dilepas seperti lihat ASUS Transformer Book T100.

 

D. Memperhatikan Harga

Banyak laptop dengan harga murah, spesifikasi tinggi, namun dalam hal kinerja dan ketangguhan masih dipertanyakan. Membeli laptop susah susah gampang, harga menentukan kualitas, mungkin kita berharap dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang murah, namun tentunya punya kelemahan diantaranya adalah dalam hal ketangguhan, membeli laptop tentunya untuk dipakai selama dan semaksimal mungkin, bukan baru dipakai 1 tahun sudah rusak. Untuk itu dalam menentukan budget kita bisa berstandar pada merk-merk yang sudah terpercaya.

 

E. Melihat Merk

Tips membeli laptop – Tentunya setiap merk Laptop terdapat nama perusahaan yang berdiri di belakangnya, persaingan merk Laptop dengan dikeluarkan inovasi dan desin yang menarik memberikan banyak pilihan bagi pembeli untuk menentukan, kualitas urutan merk terbaik laptop selalu berkembang dan berubah, seperti halnya banyak situs yang memberikan posisi tertentu pada merk laptop, Sony berada di posisi pertama, diikuti oleh Apple dan Samsung, namun saat ini Apple berada pada urutan pertama, diikuti oleh Lenovo dan ASUS. Setidaknya itu akan berubah setiap saat, namun kami memberikan solusi dan pandangan lain mengenai kualitas merk Laptop, Anda bisa melihat disini daftar Merk Laptop Terbaik dan Tips Memilih Laptop yang Bagus.
Tips lengkap membeli laptop, baik baru bekas (second), untuk games, dengan kualitas yang bagus dan murah tentunya, semoga artikel Tips membeli laptop ini dapat bermanfaat. Terima kasih.