Universitas Southampton mengeluarkan superkomputer dengan RAM hingga 50 TB

Universitas Southampton menampilkan superkomputer dengan 12200 Cores(250 TFLOPS)Intel® Xeon® E5-2670 processor cores yang dapat melakukan satu triliun kalkulasi per detik untuk satu teraflop, pengukuran kalkulasi ini disebut sebagai ‘teraflop’. Nama superkomputer ini Iridis 4, dengan mesin dari IBM dengan ribuan Gigabate dan memori hingga 50 terabyte memori (umum disebut ram).
Superkomputer Iridis 4
Universitas Southampton sebelumnya telah meluncurkan Iridis 3 dengan lebih dari 11760 processor, dengan RAM sebesar 22.4 terabyte dan 250  TB untuk Harddisknya menggunakan 6-core prosesor 2,4 GHz Intel Westmere dan dua VGA NVIDIA Tesla 20-series. Jadi Universitas Southampton sekarang menggunakan dua superkomputer yaitu Iridis 3 dan Iridis 4.
Kita basa menggunakan PC atau Laptop dengan dengan harddisk untuk penyimpanan umumnya antara 500GB dan 2TB untuk versi yang terbaru dengan memory/RAM diantara 2-6GB saja itu sudah mencukupi, untuk space dalam penyimpanan dan RAM untuk membantu performa kinerja PC/laptop Anda. Untuk sekedar informasi 1 terabyte sama dengan 1.024 gigabyte.
Menurut BBC Iridis 4 akan digunakan untuk berbagai penelitian diantaranya penelitian dalam ilmu komputer, arkeologi dan penelitian obat-obatan, dan Semua superkomputer ini dapat oleh semua staf Universitas dan mahasiswa pascasarjana. Pihak universitas mengatakan komputer baru Iridis 4 merupakan peringkat 10 di Inggris. Sedangkan komputer terkuat di dunia masih dipegang oleh Tianhe-2 China yang mampu melakukan hingga 33.860 triliun kalkulasi lebih kuat dari Iridis4.
Source : Universitas Southampton